Warung Bebas

Sabtu, 09 Agustus 2008

Agustusan

Wah bentar lagi Agustusan... Bulan dimana terdapat hari bersejarah bagi Republik Indonesia. Yup! Tanggal 17 Agustus adalah hari yang sakral bagi negeri yang beranjak dewasa ini. Sudah 63 tahun negeri ini bernafas dalam kemerdekaannya. Pemimpin pun sudah silih berganti, banyak memori indah dan kelam bergantian mewarnai perjalanan bangsa Indonesia. Semua bisa kita saksikan dan kita baca dalam buku pelajaran Sejarah. Kalau jaman SD saya dulu namanya PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa) yang selalu disisipkan pada pelajaran IPS di caturwulan ke-tiga setiap tahunnya.

Kini setelah era perjuangan dan kemerdekaan telah tercapai, maka untuk memaknai hari kemerdekaan tentunya ada bermacam-macam cara yang bisa dilakukan. Yang paling gampang dilihat di penjuru tanah air tentunya beragam lomba dan adu ketangkasan (bukan yang judi itu lho, hahaha) yang dilaksanakan di lingkungan sekitar rumah. Dan lomba yang paling generik dari segala jenis lomba perayaan agustusan adalah lomba makan kerupuk dan lomba panjat pinang. Tidak ada yang bisa membantah lagi! Bisnis kerupuk di musim agustusan ini nampaknya sangat menjanjikan.

Klik gambar untuk memperbesar

Ohya, udah pada pasang umbul-umbul belum? Udah ngecet pagar dan tembok depan rumah belum?? Gapura di ujung gang atau di ujung jalan itu sudah diberi aksesoris perjuangan macam bambu runcing, cat sewarna darah, bendera merah putih, poto atau relief para pahlawan (biasanya eksyennya teriak sambil mengacungkan senjata), mengecat sisi luar jalan dengan kapur, memasang bendera merah putih di depan rumah dan bendera dari plastik digantung di atas jalan belum?? Hehehehe.... Di bulan kemerdekaan ini kita disibukkan seabreg kegiatan untuk memperingatinya, tujuhbelasan atau agustusan kita bilang... Mulai dari lomba-lomba sampai acara gotong royong membersihkan jalan dan lingkungan sekitar, menghias kampung dan membuat gardu...

0 komentar em “Agustusan”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger