Warung Bebas

Jumat, 05 September 2008

berlomba meninggikan bangunan...

dapat kiriman gambar dari seorang ikhwan. subhanalah. kagum saya dengan perluasan masjidil haram, mekah.  seturut e-mail yang menyertai, perluasan ini akan selesai tahun 2010. berarti tidak sampai dua tahun. apa mungkin? kucuran riyal dari penjualan minyak ditambah kerja siang-malam boleh jadi mewujudkan semua. 
lewat perluasan itu, semua jadi terlihat mewah. (berbeda sekali dengan apa yang saya saksikan pada saat berhaji. juga dengan gambar sebelah dari google maps). selain kagum saya juga menjadi ingat dengan hadits arba’in an nawawi. pada hadits yang ke-dua tentang iman, islam, dan ihsan saya kutipkan (sebagian mengenai hari kiamat):
... Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan kejadiannya)”. Beliau bersabda: "Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya". Dia berkata: "Beritahukan aku tentang tanda-tandanya," beliau bersabda: "Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, (kemudian) berlomba-lomba meninggikan bangunannya"...
keadaan saat ini saja, kabah sudah 'tengelam' dibandingkan dengan bangunan sekitarnya. seakan-akan terselip, menyempil. dengan perluasan itu, mungkin, dimaksudkan masjidil haram lebih stand out. tapi kalau merujuk ke hadist di atas, kok rasanya, ah, barangkali ini cuma kesimpulan sesaat saya. sebuah kesimpulan yang tak berdasar. wallahu a'lam bishawab...

0 komentar em “berlomba meninggikan bangunan...”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger