Warung Bebas

Rabu, 04 Maret 2009

Tembolok Google Cache

AWAS, GOOGLE SANGGUP MEMBONGKARNYA!

Hehe... Google Cache. Apa itu ya? Cache, atau padanan kata yang digunakan dalam Google versi bahasa Indonesia adalah tembolok.

Google Cache atau Tembolok Google ini adalah cached-copy web atau salinan dari laman web yang diambil oleh Google dalam proses penelusuran web (spider bot search engine crawling). Salinan web ini kemudian akan disimpan dalam pusat data Google.

Google akan mengindeks laman web (dan kemudian akan menambahkan pada cache atau tembolok Google) lebih sering apabila laman web tersebut terkenal (pagerank tinggi) dan update secara teratur. Update laman web secara teratur membuat tembolok atau cache akan otomatis berganti dengan yang cache versi terbaru, menggantikan versi lama dari cache laman web tersebut.

Adanya Google Cache atau Tembolok Google ini adalah sebagai arsip Google untuk menelusuri kembali laman web dan digunakan dalam proses pencarian dalam mesin pencarinya. Jadi kesimpulannya, Google adalah perpustakaan maha besar yang berisi milyaran bahkan trilyunan cached laman web.

Jadi, jika laman web tersebut telah 'punah', hilang atau telah diganti isinya, maka dengan menggunakan Google Cache atau Tembolok Google kita bisa menelusur ulang laman web tersebut persis sama seperti saat terakhir kali Google menelusuri, menyimpan dan mengarsipnya dalam pusat data tembolok (cache) Google.

Ada dua cara untuk kita membuka versi tembolok (cache) Google. Yang pertama adalah dengan mengklik link tembolok pada bagian bawah dari setiap hasil pencarian Google (pada beberapa web tidak tersedia karena belum atau tidak tersedia). Kedua, dengan memasukkan keyword pencarian cache:urlwebkita misalnya cache:anangku.blogspot.com

Google Cache atau Tembolok Google

tampilan cache Anang's Blog

tampilan Anang's Blog

Banyak yang menginginkan agar webnya cepat masuk dalam cache Google atau di-index oleh Google yang notabene adalah search engine atau mesin pencari terbesar dan terhebat saat ini. Ya, karena bila telah berhasil masuk dalam tembolok atau cache maka otomatis pula laman web tersebut telah lebih dulu diindex oleh Google. Begitu analoginya.

Mereka saling bersaing agar blog atau website cepat di-index Google dan agar mendapat kemungkinan besar mendapat posisi terbaik pada persaingan hasil pencarian Google atas keyword tertentu. Seperti yang telah dan sedang terjadi pada kontes-kontes SEO.

Tips dan trik agar cepat terindex Google dan mesin pencari mungkin bisa dibahas di posting berikutnya. Hehe.. Keep stay tune ajah...!

di google dua menit setelah posting

keyword: tembolok: #7 google.co.id
keyword: google tembolok. #1 google.co.id

Oh ya, Tembolok Google kadang bisa kita manfaatkan untuk membuka forum yang harus register dulu, membuka milis yang juga harus register dulu, membuka halaman web yang telah mati dan berubah kontennya, dll. Tergantung cerdik dan pintarnya kita dalam menggunakan tembolok Google juga sih.. Bisa untuk kebaikan bisa untuk kemudharatan alias keburukan.

Mata Google ternyata lebih tajam ketimbang SILET! Google sanggup membongkar apa saja. Hmmm.... Terima kasih untuk Google...

0 komentar em “Tembolok Google Cache”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger