Warung Bebas

Senin, 21 Mei 2007

si biru yang bau...

elpijiagaknya semua sudah mengenal si tabung biru dari pertamina atau sering disebut elpiji. bahan bakar gas cair atau liquid petroleum gas ini sebenarnya tidak berbau tapi demi keamanan ia diberi zat tertentu sehingga mempunyai bau yang khas seperti petai (?) dan mudah diketahui bila terjadi kebocoran dari tabungnya. nah, kalau di dapur tiba-tiba menyeruak batu petai padahal sedang tidak memasak sambal goreng petai periksalah tabung gasnya. dan, sebaiknya belilah lpg dari tukang yang sudah dikenal dengan baik. sekalian pula mintalah si tukang ini yang mengganti tabung yang kosong sehingga aman.

nah, liburan panjang kemarin saya sempat berurusan dengan elpiji. biasanya sih saya tak mau repot. semua saya serahkan saja sama penjualnya. tapi karena yang mengantarkan istrinya, mau tak mau, saya juga yang harus mengganti. saya dapat tabung yang agak kusam warnanya. tapi tak apalah yang penting isinya 12kg dan tabungnya belum kadaluwarsa.

tabung elpiji ada kadaluwarsanya? ini yang barangkali jarang diperhatikan. sama dengan barang lainnya, tabung dari baja ini juga mempunyai usia pakai selama lima tahun. lewat waktu itu tabung akan dicek ulang. untuk dilihat apakah masih memungkinkan untuk digunakan kembali. lalu, dimana kadaluwarsanya? lihatlah gambar dan perhatikan: 02 merupakan bulan dan 12 adalah tahun (20)12. jadi tahun 2012 bulan 02 tabung ini tidak boleh dipergunakan lagi.

demikianlah ceritanya. bila masih penasaran soal elpiji bisa klik ini, meski tulisannya agak-agak 'kacau' informasinya cukup jelas.

0 komentar em “si biru yang bau...”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger