Warung Bebas

Kamis, 24 April 2008

Banyak cara untuk lulus...

pertanyaan: di mana bisa kirim-kirim-an kertas saat ujian nasional berlangsung? jawaban: di indonesia seperti terlihat dalam gambar yang direkam oleh kompas. bapak menteri pendidikan nasional boleh saja membantah. tapi kenyataan di lapangan macam ilustrasi di sini, sangat boleh jadi, bukanlah rekayasa. juga berita guru yang membantu siswanya juga bukan mengada-ada.

membantu jelas sebuah perbuatan mulia. tapi kalau membantu mengerjakan soal-soal ujian apakah namanya? apalagi yang membantu adalah para guru. duh, gusti... tadi pagi juga yang saya dengar di salah satu stasiun radio betapa pekerjaan mencontek menjadi sebuah kebanggaan. betapat tidak. para penelepon dengan gamblang dan bangga menceritakan siasat untuk mencontek. tidak tanggung-tanggung ini untuk satu kelas.

banyak cara untuk lulus. mulai dari yang wajar sampai yang tidak wajar (kalau tidak ingin dibilang kurang ajar). pilihan memang terpulang kepada masing-masing pribadi. apa iya ada ortu yang menyarankan anaknya untuk mencontek? mudah-mudahan tidak ada ya. kalaupun ada juga? bantu saya dong menjawabnya...

0 komentar em “Banyak cara untuk lulus...”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger