Warung Bebas

Rabu, 25 Juni 2008

Jalan Raya Mulus

BERKAH ATAU BENCANA ??

Ya, posting kali ini masih ada hubungannya dengan posting sebelumnya tentang perbaikan jalan yang dilakukan pada jalur vital Gresik - Sidoarjo. Jalan yang sebelumnya bergelombang dan terdapat jebakan lubang disana-sini itu kini telah disulap menjadi lebar dan mulus lagi setelah dilakukan pengaspalan ulang.

Dibalik cerita jalan yang sudah mulus halus ini sebenarnya bisa menjadi keuntungan bagi pengguna jalan raya ini, namun juga tak jarang malah terjadi kebuntungan. Nahas sering terjadi di jalan raya yang kembali mulus setelah sekian lama berada dalam keadaan yang cukup memprihatinkan.

Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi jalan yang kembali dalam keadaan baik untuk dilewati ini bisa melancarkan arus lalu lintas dan transportasi sehingga kegiatan perekonomian, pariwisata ataupun pemerintahan bisa berjalan dengan baik. Waktu dan biaya tempuh pun bisa dipangkas seiring dengan semakin lajunya kendaraan yang bergerak melintasi jalan raya tersebut.


Saya juga telah melakukan test drive di jalan raya ini dan memang terasa benar bedanya. Jalan yang dulu hanya mampu digeber sekian kilometer per jam, kini sudah melonjak tajam sekian kilometer per jam. Kendaraan hilir mudik dengan kecepatan tinggi. Jadi tidaklah heran kalo hasrat ngebut pengguna jalan kembali bergelora.

Namun, kadang kita tak menyadari bahwa bahaya selalu saja mengancam dan tak mengenal waktu. Mulusnya jalan membuat para pengguna jalan menjadi ugal-ugalan dan ngebut seenaknya sendiri tanpa memperhatikan keselamatan pengguna jalan yang lain, khususnya truk yang salip sana salip sini, serobot sana serobot sini. Nah, terbukti kemarin lusa terjadi sebuah kecelakaan antara dua sepeda motor di jalur jalan ini.

Saya memang tak menyaksikan kejadiannya secara langsung, namun peristiwa ini saya dapatkan dari mulut tukang bengkel tempat saya periksa motor saya yang kemarin ngadat karena bensin palsu (entah dioplos sama air atau apa ya?). Ah mungkin gara-gara si penjual bensin eceran yang terinspirasi dengan blue energy, haha... Asem...

Memang repot ya? Jalan rusak banyak kecelakaan menghindari lobang di tengah jalan. Saat kondisi jalan sudah bagus banyak juga kecelakaan karena ulah pengemudi yang mengebut dan aksi ugal-ugalan sang pengemudi.

Nah, bagaimana apakah anda juga doyan ngebut dan ugal-ugalan di jalan, atau malah anda sendiri yang menjadi korban kecelakaan karena pengemudi yang ugal-ugalan?

0 komentar em “Jalan Raya Mulus”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger