Warung Bebas

Jumat, 17 Oktober 2008

Soal Ujian Lowongan CPNS Online

GEBRAKAN BARU DARI DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN
Sayang Belum Didukung Akses yang Cukup Mumpuni


Depperin (Departemen Perindustrian) mengeluarkan gebrakan terbaru yang menghentak sejarah tes ujian lowongan CPNS Indonesia. Untuk pertama kalinya Departemen ini mengadakan tes ujian masuk CPNS dengan metode online. Pada hari ini tepatnya tanggal 18 Oktober 2008 dilaksanakan ujian online CPNS Departemen Perindustrian secara serentak.

Karena selama ini tes masuk untuk mengisi lowongan calon pegawai negeri sipil adalah menggunakan metode konvensional dengan kertas dan pensil serta pulpen, maka apa yang dilakukan oleh Depperin adalah sebuah kemajuan pesat.

Departeman Perindustrian menyajikan kumpulan soal-soal tes CPNS ini secara online bagi para pendaftar lowongan CPNS Departemen Perindustrian. Jadi para pelamar CPNS tak perlu lagi sibuk dengan kertas soal-soal ujian CPNS. Cukup pergi ke warnet dan mengakses situs tempat soal-soal CPNS itu yang diberikan saat pendaftaran.

Depperin berharap dengan adanya ujian CPNS secara online ini akan mengurangi biaya yang dihabiskan selama pelaksanaan ujian masuk CPNS. Yaitu diharapkan berkurangnya pembiayaan pada kebutuhan akan kertas, tinta, percetakan dan pengawas ujian yang digantikan dengan bentuk soal CPNS yang tampil di layar komputer yang terkoneksi internet.

Namun apa lacur, ketiadaan sokongan koneksi server yang mumpuni untuk mengantisipasi membludaknya puluhan ribu pelamar CPNS yang mengakses sebuah alamat situs secara bersamaan ini mengakibatkan lumpuhnya sebagian akses ke situs tempat soal CPNS itu berada.

Hm... Seperti sebuah usaha yang sia-sia dari Depperin mengingat banyak dari pelamar yang akhirnya mengalami kesusahan dalam mengerjakan soal CPNS. Bukan lantaran soal yang susah, tetapi terkendala oleh koneksi yang lambat.... Bahkan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya gagal membuka situs tersebut.

Masalah yang menimpa Depperin ini identik dengan proses PSB (Penerimaan Siswa Baru) yang diumumkan di dunia maya melalui internet. Ketika pengumuman dibuka dan puluhan ribu pendaftar mengakses secara bersama-sama mengakibatkan situs pengumuman PSB Online susah diakses. Ini merupakan bentuk dari efek bottle-neck dimana banyak request tetapi jalur aksesnya tak mampu menampungnya. Persis seperti kemacetan di jalan tol Jakarta!! Jalan Tol yang diharapkan bebas macet malah mengalami kemacetan panjang tiap hari...

Penyelesaiannya adalah dengan perbaikan peningkatan performa server dan bandwith untuk mengantisipasi membludaknya peserta tes yang mengakses situs ujian masuk CPNS secara online.

Semoga ini menjadi pelajaran untuk masa mendatang supaya lebih baik lagi... Amin...!

NB: Berdoa juga supaya bandwith internet Indonesia ditingkatkan lagi.. Biar bisa download dan upload dengan cepat.. Hahahaha... Aminnn....!

0 komentar em “Soal Ujian Lowongan CPNS Online”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger