Warung Bebas

Selasa, 21 Oktober 2008

Update Google Pagerank (3)

HUKUMAN UNTUK BLOG-BLOG DOFOLLOW

Masih melanjutkan posting berseri tentang ke-sok-tahu-an saya tentang Google Pagerank Update..... Maafkan saya jika anda muak atau bahkan segan membacanya... Atau anda pernah membacanya di blog-blog yang lain...

Disini saya hanya ingin berbagi keresahan dan mengeluarkan apa yang sedang berputar-putar di kepala saya. Sekali lagi mohon dimaklumi saja. Terima ga terima, ya harus diterima! Silahkan dinikmati sajian yang saya suguhkan kali ini di blog biru ini...

Kali ini saya akan mencoba membedah mengapa Google membenci blog-blog yang memasang atribut dofollow pada rumah maya mereka....

Hm.. Sebentar, sampai disini mungkin ada sebagian dari anda yang bertanya-tanya... Dofollow? Makanan sejenis apa itu?

Oke mari kita lanjutkan pembahasan kita mulai dari pengertian dan seluk-beluk di seputar per-dofollow-an....

Dofollow, Program Bagi-Bagi dan Obral Backlink Gratis

Dofollow ini adalah sebuah paham atau aliran dalam dunia blog yang menganut semboyan "You comment, I follow". Jadi, dari slogan itu saja kita sedikit bisa menerka, apa sih dofollow itu? Anda berkomentar, saya mengikuti...

Anda berkomentar saya memberikan hadiah.. Seperti itulah gambaran kasarnya. Trus hadiahnya berupa apa? Hadiah yang diberikan adalah berupa sebuah backlink gratis dari pemilik blog dofollow kepada anda yang memberikan komentar di blognya. That's it!

Dofollow adalah sebuah link yang memiliki atribut do follow. Artinya link tersebut tidak memiliki atribut rel="nofollow". Fungsi rel="nofollow" ini sendiri adalah untuk memastikan bahwa Google atau search engine yang lain tidak akan meng-indeks dan menghitung url tersebut sebagai sebuah backlink atau incoming link buat si komentator.

Dofollow ini adalah salah satu bentuk apresiasi atau penghargaan yang diberikan oleh pemilik blog kepada para komentator di blognya. Apresiasi ini dilakukan dengan cara memberikan backlink 'gratis' pada url blog atau website yang dipakai oleh masing-masing komentator pada saat menuliskan komentar.

Meskipun tidak ada seorang pun yang tahu bagaimana Google itu menghitung formula dan perhitungan nilai Google Pagerank, tapi ada banyak praduga dan sangkaan mengapa Google belakangan ini sering menjatuhkan nilai Google Pagerank dengan tiba-tiba. Salah satu penyebabnya adalah seperti yang pernah saya tulis dalam seri-seri sebelumnya. Silahkan anda lihat lagi disini dan disini. Dan semuanya itu diyakini benar adanya oleh sebagian dari kita, termasuk para blogger.

Waspada Terlalu Banyak Tautan Keluar daripada Tautan Masuk

Perlu kita putar kembali ingatan kita tentang bagaimana cara kerja perhitungan Google Pagerank itu. Konsep atau prinsip dasar perhitungan nilai Google Pagerank adalah perbandingan antara jumlah tautan keluar (outbound link) dengan tautan masuk (inbound link).

Nah dalam praktek per-dofollow-an ini, blog yang memasang atribut dofollow akan secara gratis mengobral backlink atau trackback gratis ke setiap komentator, tanpa pandang bulu. Jadi, setiap link komentator akan dianggap sebuah backlink oleh Google maupun mesin pencari yang lain, tidak perduli berupa link spam atau bukan...

Sebuah situs yang memiliki terlalu banyak tautan keluar (outgoing link) bisa didefinisikan sebagai sebuah situs yang kurang penting di mata Google. Apalagi jika dari sekian link tersebut terdapat link-link spam, maka otomatis Google akan menempatkan blog atau situs kita sebagai situs spam juga.

Nah, dari sini Google akan menghitung kembali tingkat ke-tidak-penting-an dari sebuah website melalui revisi pada update Google Pagerank berikutnya. Hm.. Blog-blog yang mengobral backlink lewat program dofollow ini kemungkinan akan mengalami penurunan nilai Google Pagerank.

Secara logika, untuk mempertahankan nilai pagerank tertentu kita harus pula menjaga ritme perolehan tautan masuk dari situs-situs lain dan menekan jumlah tautan keluar ke situs lain, atau paling tidak jumlah tautan keluar tidak lebih besar ketimbang tautan masuk.

Prinsip ini sama dengan prinsip pendapatan dan pengeluaran. Jangan sampai besar pasak daripada tiang, bukan?

***

Sekian tulisan tidak penting dari saya pengguna internet awam ini... Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya..... Tak lupa silahkan berbagi cerita, pengetahuan, dan wawasan anda tentang Pagerank disini.... Yuk dimulai!

Posting Terkait :
Update Google Pagerank (1)
Update Google Pagerank (2)
Update Google Pagerank (3)
Update Google Pagerank (4)

0 komentar em “Update Google Pagerank (3)”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger