Warung Bebas

Kamis, 23 Oktober 2008

Update Google Pagerank (4)

PENUTUP TETRALOGI TENTANG PAGERANK

Posting ini merupakan episode terakhir yang sekaligus menjadi penutup sekuel tetralogi tentang update google pagerank di blog biru ini. Jadi tidak hanya novel laskar pelangi yang punya tetralogi... Wkwkwkwk....

Di tiga posting sebelumnya saya mencoba mengulik serta menganalisa fenomena menarik yang muncul seiring dengan nilai pagerank yang saling naik turun di banyak blog maupun situs website di jagad maya ini.

Kita ternyata bisa menemukan banyak praduga dan sangkaan tentang apa saja faktor-faktor yang menjadi sebab dan mempengaruhi bagaimana fluktuasi atau pergerakan nilai google pagerank.

Saya mencoba merangkum kembali tentang uneg-uneg dan keresahan yang coba saya hadirkan dalam bentuk tulisan di blog biru ini. Di posting pertama, saya mencoba menerka pengaruh semakin kotornya hasil pencarian Google yang notabene adalah mesin pencari nomer wahid saat ini. Kemudian topik tentang korelasi antara nilai pagerank dengan paid review serta praktek penjualan nilai pagerank telah saya bahas di posting kedua. Selanjutnya pada artikel ketiga tentang pagerank, saya mencoba menelisik bagaimana pengaruh implementasi dofollow terhadap nilai pagerank.

Namun, saya menyadari bahwa masih ada banyak hal yang masih belum bisa terungkapkan lewat pembahasan singkat nan menarik tentang pagerank ini. Misal, bagaimana pengaruh usia domain atau banyaknya artikel terhadap pagerank, kualitas backlink, faktor keberuntungan, dan masih banyak lagi faktor lain yang bisa meningkatkan atau menurunkan pagerank.

Berpengaruhkah Usia Domain dan Banyak Posting?

Singkat saja, usia domain 'dianggap' mempengaruhi karena sebuah domain akan memerlukan waktu untuk terindeks Google dan mengalami revisi nilai pagerank. Ketika sebuah blog sudah terindeks maka blog itu sejatinya memiliki nilai pagerank tertentu di setiap halaman yang telah terindeks, dan bukan 0 (nol) seperti yang ditampilkan pada pagerank halaman utamanya.

Taruhlah, hubungan antara blog kita dan Google diibaratkan sebagai sebuah hubungan pertemanan, maka semakin lama kita kenal dan menjadi teman akan semakin akrab pula persahabatan kita dan Google, bukan? Dan ini adalah kesempatan kita mendapat 'hadiah tak terduga' dari Google, berupa naiknya Pagerank. Sebuah analogi yang konyol, hahaha.... Tak apalah...! Ada benarnya juga kok... Wkwkwkwk....

Faktor banyaknya artikel konon juga menjadi mitos bahwa ini menjadi pengaruh dalam menaikkan pagerank. Apalagi jika artikel itu berkualitas tinggi, maka backlink pun akan berdatangan sendiri. Begitu mungkin ya? Entahlah, barangkali ada yang mau menambahkan alasan mengapa hal ini berpengaruh?

Anomali dalam Penilaian Google Pagerank

Bagaimanapun juga perlu ditekankan kembali bahwa Pagerank adalah hak prerogatif dari Google. Hanya Google (dan karyawan-karyawan Google) yang tahu bagaimana formula sesungguhnya dari Google Pagerank serta kebijakan-kebijakan yang diambil terkait dengan 'pelanggaran' atau hal-hal yang bisa menjatuhkan nilai Pagerank atau 'penghargaan' berupa reward 'naik kelas' nilai Pagerank. Sekali lagi, semuanya hanyalah Google yang tahu..

Sehingga pada akhirnya kesimpulan ini akan membawa kita pada suatu kenyataan bahwa semua analisa yang kita lakukan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Pagerank akan dengan sangat mudah dipatahkan oleh adanya anomali pagerank ini. Hihihi.....

Anomali Pagerank ini merupakan kejadian aneh dan ajaib yang berlawanan dengan pola pikir kita terhadap faktor yang mempengaruhi pagerank, seperti backlink, konten, dan lain-lain.

Banyak contoh yang menggambarkan anomali pagerank ini. Sebagian dari anda para pembaca blog biru ini mungkin pernah tahu atau bahkan mengalami sendiri anomali pagerank ini....!!

Misalkan saja, sebuah situs yang hanya memiliki satu posting karena tidak pernah diupdate lagi mampu memperoleh nilai pagerank 2. Dan yang lebih gilanya lagi, satu posting itu hanya berupa posting hello word yakni posting standar pertama kali saat kita mendaftar blog.

Contoh lain adalah, satu orang yang memiliki dua blog, masing-masing blognya diperlakukan berbeda. Blog pertama ia kelola dengan sungguh-sungguh sehingga tak heran jika mendapat backlink dan trafik bejibun, sementara blog satunya dibuat dengan asal-asalan dan tak pernah mendapatkan backlink dari blog lain. Dan faktanya, blog yang dibuat 'asal jadi' itu memperoleh pagerank yang lebih besar daripada blog yang dengan susah payah ia kelola. Hm.... Kita tentunya akan mengerutkan dahi dan bergumam, "Kok aneh ya?!,".

Intinya Mari Kembali ke Konten Blog, Karena Nyawa Blog Ada Pada Konten

Nah, kita sampai pada kesimpulan akhir tentang Google Pagerank. Google Pagerank ini merupakan penilaian sepihak yang sangat subjektif dari Google. Apalagi penilaian ini dilakukan oleh komputer dan kemungkinan adanya error itu selalu ada, meskipun kecil.

Jadi, mari kita kembali ke konten. Kita perbaiki konten yang ada di blog dulu, karena nyawa dari blog itu ada pada konten, seperti yang pernah dikatakan oleh Budi Putra, seorang full-time blogger Indonesia.

Budi Putra pernah mengatakan bahwa untuk membuat blog kita menjadi lebih hidup diperlukan tiga cara. Pertama posting secara teratur. Dengan posting secara teratur maka pengunjung pun akan datang secara teratur..... Dan jangan lupa harus original....! Sesuatu yang original itu pasti lebih asyik dibaca. Kedua adalah membuat isi blog itu bermanfaat bagi orang lain. Apakah posting kita bermanfaat bagi orang lain? Karena ketika blog itu memberikan manfaat bagi orang lain, maka orang lain akan senang untuk kembali lagi di blog kita. Ketiga adalah tulis dengan bahasa yang rapi, runut dan baik. Cerita selengkapnya tentang konsep blogging ala Budi Putra maupun Enda Nasution bisa anda baca disini.

Dengan menjaga dan meningkatkan kualitas konten blog, maka kita pun akan mendapat balasan yang setimpal. Trafik akan datang dengan sendiri dengan semakin loyalnya para pembaca serta pengunjung akan berdatangan dari segala penjuru mesin pencari dan dari pelosok jagad maya.

Yuk kembali ke konten yuk.....!!!

Posting Terkait :
Update Google Pagerank (1)
Update Google Pagerank (2)
Update Google Pagerank (3)
Update Google Pagerank (4)

0 komentar em “Update Google Pagerank (4)”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger