Warung Bebas

Rabu, 12 November 2008

Gelar Pahlawan untuk Soeharto ?

LAYAK ATAU TIDAK ?

Layakkah Soeharto dianugerahi gelar pahlawan? Sebuah pertanyaan yang kini mengundang polemik, dilema dan kontroversi di sebagian kalangan. Pertanyaan yang muncul karena ada sebuah iklan politik yang menampilkan Soeharto diantara banyak pahlawan nasional, termasuk Bung Tomo yang baru saja diberikan gelar pahlawan.

Soeharto dengan masa lalunya sebagai seorang anak bangsa yang juga turut berjuang mengantar dan memertahankan kemerdekaan Indonesia, membuat nama besarnya sebagai seorang pejuang layak diapresiasikan untuk mendapatkan gelar Pahlawan.

Tapi, ketika orang dihadapkan pada pertanyaan siapa yang paling bertanggung jawab atas 32 tahun kepemimpinan diktator yang berakhir pahit dengan krisis ekonomi dan bahkan krisis multidimensi yang parah, maka ini sepertinya akan membuat orang berfikir ulang untuk rela memberi gelar Pahlawan pada Soeharto.

Tapi bagaimanapun juga tanpa melihat sisi kelam beliau, Soeharto lah yang telah merubah jalan sejarah bangsa ini. Gelar pahlawan pembangunan yang pernah dilekatkan sendiri oleh beliau pada namanya patut diapresiasi, meski pola pembangunan yang salah kaprah hanya terpusat tidak merata dan penuh kkn.

Melihat semakin susahnya hidup di jaman serba sulit ini ingin rasanya bernostalgia kembali ke masa lalu.... Hidup enak meski penuh kekang membelenggu, yang penting urusan perut telah terpenuhi peduli amat yang lain. Begitu mungkin pikir rakyat kecil bangsa ini... Dan memang di jaman beliau era seperti itu ada, meski kesejahteraan dan kemakmuran yang ada hanya 'semu' belaka, begitupun keadilan..

Bagaimana menurut anda, layak atau tidak gelar pahlawan diberikan untuk Soeharto?

UPDATE 13 Nov 2008 :
Gelar Pahlawan untuk Suharto, Layak atau Tidak ?

0 komentar em “Gelar Pahlawan untuk Soeharto ?”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger