Warung Bebas

Jumat, 07 November 2008

Menampilkan Favicon di Blog

CUSTOM BLOGGER FAVICON YANG SEMPAT HILANG ITU

Ada beberapa blogger yang bertanya mengenai bagaimana cara menampilkan favicon mereka di blog. Mereka bilang bahwa kode favicon sudah terpasang di edit html, tapi ketika mereka membuka blog tiba-tiba saja tampilan gambar favicon yang seharusnya muncul di menu tab browser dan di address bar tidak muncul seperti yang seharusnya.

Namun, sayangnya meski mereka telah memasang custom favicon namun hanya tampilan favicon standar blogger atau blogspot saja yang muncul. Yakni sebuah logo huruf B berwarna putih dengan dasar berwarna oranye. Ada apakah gerangan?

Sebentar, sampai disini mungkin ada sebagian pembaca blog biru ini yang tidak mengerti apa itu favicon. Apakah sejenis dengan popcorn atau apalah itu...?

Hmm.. Favicon adalah sebuah icon, logo, atau gambar kecil yang muncul pada menu tab browser dan juga terletak di sebelah kiri address bar browser tertentu. Favicon ini muncul pada browser Opera dan Mozilla Firefox, Konqueror, Safari, Google Chrome, dll, serta tidak untuk Internet Explorer versi 6 ke bawah.

Format file favicon biasanya berupa file dengan ekstensi ico, namun sebenarnya gambar dengan format gif, jpg, png pun bisa digunakan sebagai favicon di blog.

Fungsi utama favicon adalah sebagai suatu logo dari website, situs, atau blog. Bahkan tak jarang sebuah website atau blog terkenal lantaran memiliki favicon yang unik sebagai indentitas yang unik dari milyaran website yang ada di jagad maya.

Berikut ini adalah contoh favicon yang ada pada blog biru ini....


Bagi anda yang menginginkan tampilan favicon sesuai selera sendiri menggantikan favicon standar milik blogspot, anda bisa menggunakan layanan dynamic drive online favicon generator untuk membuat file icon dengan format file *.ico. Setelah mendapatkan file icon lalu upload atau hosting pada server anda atau hosting gratisan yang bertebaran di internet bisa anda manfaatkan.

Kemudian masukkan kode untuk menampilkan favicon di blog anda diantara tag head dengan format seperti dibawah ini:

<link href='http://serveranda.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>

Oke kembali ke laptop, ups maaf acara empat mata sudah tidak tayang lagi gara-gara kodok. Hehehe kembali ke topik favicon yang menghilang tadi ya... Oke... Lanjut!

Ya, karena pada kode HTML blogger sekarang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga elemen <b:include data='blog' name='all-head-content'/> yang merupakan elemen head standar pada blogger kini mengandung kode favicon asli blogspot (yang berbentuk seperti huruf B), yaitu <link href='http://www.blogger.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>.

Solusi agar custom favicon anda kembali muncul pertama kali ditulis oleh Annie pemilik blog bloggeruniversity@blogspot. Solusinya adalah dengan meletakkan kode favicon persis setelah elemen <b:include data='blog' name='all-head-content'/> sampai sebelum </head>.

Semoga ini menjadi jawaban atas permasalahan tidak munculnya favicon di blog anda......! Selamat mencoba!

0 komentar em “Menampilkan Favicon di Blog”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger