Warung Bebas

Minggu, 16 November 2008

Pernik Kesederhanaan dalam Sebuah Pesta

MARI KITA LEBIH MERAKYAT DAN SEDERHANA
Sesuai Tema PestaBlogger 'Blogging for Society'


Pesta, ketika kita mendengar kata ini maka saya yakin sekali apa yang terlintas di pikiran anda bahwa pesta adalah suatu ajang yang jauh dari kesan sederhana. Pesta memang identik dengan hura-hura, foya-foya dan lekat sekali dengan yang namanya dansa, disko, mabuk lah, narkoba lah, dan tetek bengek lainnya. Dan hura-hura serta foya-foya ini adalah sangat jauh dari kesederhanaan. Jauh sekali....

Ingat bahwa pesta tidak hanya bisa digelar di hotel berbintang. Di bawah kolong jembatan pun sebuah pesta ada. Pesta putau, pesta seks, pesta narkoba, pesta judi biasa ada di hotel ataupun di kolong jembatan. Namun satu hal yang pasti di kolong jembatan ada pesta mereka yang dhuafa, pesta masyarakat yang terpinggirkan ketika bersyukur atas rejeki yang berhasil dikumpulkan seharian.

Entah, saya tidak tahu kenapa alasan dibalik pemilihan kata 'pesta' untuk menyebut ajang kopi darat akbar para blogger negeri ini. Tanyakan saja kepada manusia kursi atau mereka yang turut andil menelurkan ajang yang rencananya digelar tahunan ini. Atau mungkin rumput tahu jawabnya, 'tanyakan saja kepada rumput yang bergoyang'. Hahahaha...

PestaBlogger 2008 sebentar lagi dihelat di ibukota tercinta, Jakarta. Ya, dalam hitungan beberapa hari lagi sebuah pesta bagi para blogger seantero negeri akan berlangsung. Hari Sabtu, 22 November 2008 dipilih sebagai hari baik untuk menyelenggarakan even kopdar (kopi darat) akbar bagi blogger-blogger Indonesia. Sementara ruang Auditorium Gedung BPPT II lantai 3 yang terletak di jalan MH. Thamrin terpilih menjadi tempat pesta ini akan diadakan.

Tak tanggung-tanggung penyelenggaraan acara kumpul-kumpul dan temu muka para blogger berskala nasional pada tahun yang kedua ini menghadirkan beberapa blogger mancanegara sebagai undangan. Serta satu hal yang lebih hebat lagi adalah kesediaan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk menjadi sponsor bagi acara yang rencananya bakal digelar rutin secara tahunan ini dan mengundang seorang Menkominfo.

Tema pesta blogger 2008 adalah 'Blogging for Society'. Tema ini sengaja dipilih untuk memacu semangat para blogger Indonesia dengan tujuan membuat blog ini sebagai media untuk memberikan kontribusi kepada rakyat. Blogger harus peduli kepada rakyat... Tunjukkan bahwa blogger itu merakyat... Hihi...

Atas dasar tema pestablogger yang unik ini seorang kyai ternama dari timur menggagas ide kreatif bahwa sebagai blogger kita pun harus tergerak untuk ikut merasakan bagaimana rakyat kecil hidup dalam kehimpitan dan kesusahan. Ketidakberdayaan menolak kenyataan hidup yang semakin pelik dan rumit yang tak sesederhana yang rakyat bayangkan.

Persis seperti hikmah yang kita dapatkan ketika berpuasa. Puasa yang mampu menimbulkan simpati dan keberpihakan kepada mereka yang lemah, mereka yang kalah, mereka yang tersisih... Sehingga tidak akan pernah tercipta kegersangan rasa peka dalam diri kita. Amin.... Hohohoho....

Sebuah ajakan tulus tertuju pada para peserta pestablogger 2008 untuk turut merasakan perjuangan rakyat kecil. Salah satunya dengan cara naik kereta ekonomi atau moda transportasi lain yang jauh dari kesan elit!

Bukan saatnya kita menikmati sajian hiburan melalui televisi beserta AC dan dinginnya hembusan angin yang menusuk hingga ke tulang di kereta, namun menikmati pengapnya udara yang melintas diantara tubuh-tubuh bau yang berpeluh yang saling berhimpit.

Serta merasakan sakit dan bengkaknya kaki karena semalaman tidak mendapatkan tempat duduk di kereta ekonomi. Atau bersepeda motor menembus jalan untuk merasakan semangat mudik warga kelas bawah. Hihihi... Sebuah pilihan yang sangat merakyat.

Dan ini tentunya bukan sebuah alibi karena tidak mampu membayar tiket pesawat meski harganya sedang terbanting karena persaingan... Karena ini adalah bentuk dari arti tema Blogging for Society. Contohnya seperti manusia yang satu ini yang rela membatalkan tiket pesawatnya demi ditukar dengan tiket kereta kelas ekonomi!! Bayangkan!!

Tunjukkan bahwa pesta bukan dominasi mereka yang berduit meteran, mereka yang seleb, mereka yang memiliki nama besar. Semua sama rata boleh menikmati pesta untuk kalangan blogger ini..... PestaBlogger untuk kita semua...

Satu lagi, setelah pesta kelar mari kita posting bersama-sama tentang bagaimana pengalaman perjalanan dari rumah menuju lokasi pestablogger....... Suka duka dan susah senang dalam perjalanan mari kita tuangkan dalam goresan maya di blog kita masing-masing... Ok?

Yuk sambut PestaBlogger 2008!

0 komentar em “Pernik Kesederhanaan dalam Sebuah Pesta”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger