Warung Bebas

Selasa, 02 Desember 2008

Bloglines vs Google Reader

LAYANAN RSS FEED READER MANA YANG TERBAIK ?
Relatif dan Subjektif, Tergantung Pengguna


Oke, sekarang akan coba saya menulis hutang posting tentang perbandingan antara dua RSS Feed Reader favorit, Google Reader dan Bloglines.

Posting ini menyambung posting sebelumnya tentang bloglines yang lebih dulu hadir di blog biru ini.

Sebelumnya anda bisa membaca posting lengkap perbandingan antara Google Reader dengan Bloglines Beta disini. Disitu disuguhkan perbandingan antara keduanya tiap fasilitas yang disuguhkan masing-masing layanan feed reader itu.

Di blog biru ini saya coba akan meringkasnya saja. Bagian-bagian mana saja yang penting (menurut saya) dan sebagian adalah pendapat pribadi saya semata.

Proses Pendaftaran / Sign Up : Google Reader adalah jawaranya. Proses pendaftaran pada Google Reader cukup mudah, cukup dengan memiliki akun Google kita bisa menikmati layanan feed reader ini. Berbeda dengan Bloglines yang mengharuskan kita memasukkan username, email dll.
Memang Google jawara masalah ini, semua layanan berprospek bagus pasti disikat nanti jadi satu dengan Google akun. Youtube? Blogger? Yahoo? Microsoft? dll.. Hihi..

Menambah Blog Langganan : Google Reader lebih unggul karena feed otomatis dicari cukup dengan memasukkan URL. Pada bloglines jika feed lebih dari satu maka user harus memilihnya secara manual.
Subjektif sih, dengan Bloglines kita bisa memilih satu diantara banyak feed pada satu blog, kita bisa tahu mana feed yang error, mana yang updatenya lambat, mana yang cepet. Kalau otomatis, kita tidak akan pernah tahu pada hal seperti itu

Membaca Artikel Feed : Bloglines non Beta lebih yahud, meski sering error namun ketika load artikel cukup cepat. Berbeda dengan Google Reader yang berbasis Ajax dan karena tidak ada mode HTML, maka sering kali gagal meload artikel karena fakir bandwidth atau koneksi tidak mendukung. Google Reader tidak cocok untuk koneksi internet yang payah...
Faktor ini yang membuat saya masih lebih cenderung memilih Bloglines ketimbang Google Reader, meskipun sebenarnya saya memakai keduanya lho!

Akses Mobile : Dengan m.bloglines.com kita bisa mengakses layanan rss feed reader ini dalam genggaman tangan melalui layar HP. Untuk Google Reader jika kita memasukkan URL reader.google.com pada HP kita maka otomatis akan ditampilkan sepuluh artikel terbaru. Keunggulan Bloglines adalah berafiliasi dengan Skweezer sehingga membuatnya lebih mudah diakses di HP pada modus Skweezer.
Disinilah keunggulan Bloglines yang saya rasakan. Mobile Bloglines masih lebih bagus ketimbang mobile Google Reader.

Kesimpulan akhir adalah mana yang baik antara Bloglines atau Google Reader adalah hal yang relatif dan sangat subjektif, dan pada akhirnya kembali kepada penggunanya. Begitu pula sama seperti perbandingan antara Blogspot dengan Wordpress. Toh, semuanya akan kembali ke kita, pengguna. Ya kan?

Kalau saya lebih suka menggunakan bloglines dengan alasan tertentu (dengan mengeyampingkan faktor x lainnya), selain Google Reader tentunya, karena memang saya memiliki akun di dua layanan feed reader itu. Begitu pula dengan Blogspot dibanding Wordpress. Saya memiliki blog di Blogspot dan Wordpress. Semua bagus, hanya kadar 'kesukaan' saja yang berbeda 'tipis'... Hahaha...

Sekali lagi ini pendapat pribadi saya semata... Kalau ada sanggahan, sangkalan, mengiyakan, menyetujui, dan atau opini lainnya silahkan masukkan di kolom kotak komentar blog biru ini ya....!

NB: Anda pengen berlangganan posting terbaru blog biru ini? Gampang...
* Melalui Bloglines, anda bisa klik disini untuk berlangganan.. Bila belum mempunyai akun di bloglines silahkan mendaftar dulu.
* Melalui Blogger Follower, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada disini.
* Melalui Google Reader, login akun google reader dan klik 'Add subscription' lalu masukkan URL blog atau situs tersebut.

0 komentar em “Bloglines vs Google Reader”

Posting Komentar

 

Ganator Blog's Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger